-->

Featured Post

Petugas Bandara Tak Sadar Pesawat Delta Airlines 723 Celaka di Ujung Landasan

Pagi itu, 31 Juli 1973, pesawat Delta Airlines Flight 723 meninggalkan Burlington, Vermont mengarah ke ke Bandara Internasional Logan, Bost...

Search This Blog

Recent Posts

Home PageNavi Display

Comments

Gallery

Top reviews

Top reviews

Entertainment

Fashion

Breaking News

Entertainment

Travel

Featured

Powered by Blogger.

Travel

Post Page Advertisement [Top]

Climb the mountains

recent posts

Comments

Facebook

About me

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent

Facebook

Bottom Ad [Post Page]

Comments

recent posts

Sponsor

News

Travel

Destination

Incidents

Video

You are here

Besar Tidaknya Indikator Sebuah Airport

Karakter, nuansa, fasilitas, pe­numpang, keramahan, dan kapasitas ialah unsur-unsur penting untuk besar tidaknya suatu airport. Setidaknya itulah yang diungkapkan Tony Grist, Head of Architecture at Hassell, Creator of Monocle’s Best Airport Terminal 2012. Dalam upaya memimpin industri aviasi, sebanyak pengelola bandar udara di area Asia-Pasifik telah mengerjakan investasi guna meningkatkan kapasitas baru bandar udara yang dilengkapi dengan teknologi. Semua ini ditujukan supaya para pemakai jasa airport lebih nyaman ketika berada di suatu bandar udara.

Mengutip artikel Tony: lounge yang dirancang baik, bauran ritel yang pantas dan ketenteraman adalah prioritas utama. Tapi, secara keseluruhan, apa yang menjadikan gerbang udara berhasil dan besar, kemudian apa ukurannya?

Besar Tidaknya Indikator Sebuah Airport

Besar Tidaknya Indikator Sebuah Airport 

Suasana Tempat

FlightNews  -  Banyak orang menyaksikan bandar udara dan mengidentikkannya dengan karakter kota di mana gerbang udara berada. Oleh karena itu, pengelola airport mesti dapat mengutamakan ‘sense of place’, tidak melulu dalam arsitektur terminal, tapi pun bagian beda dari infrastruktur, seperti pemakaian landscape adat, karya seni interpretif dan bahan lokal.

Bandar Udara Internasional Changi Singapura misalnya, nuansa lokasi yang kuat diciptakan oleh lanskap tropis, yang menafsirkan sebagai kota dan ciri berbeda.

Bandar Udara Kota

Sebuah airport kota besar bekerja dengan infrastruktur regional. Banyak pengelola bandar udara yang kini memaksimalkan potensi kepemilikan tanah. Bandar udara kota sudah dikembangkan guna mencakup kemudahan dan kegiatan, tergolong kantor peme­rintahan, hotel, pusat pemeliharaan, kargo, serta pelbagai komponen non-penerbangan laksana kasino, konvensi, pusat kesehatan, lapangan golf dan sebagainya.

Akses Mudah

Bandar udara terbaik menyerahkan pengalaman perjalanan menyenangkan dibuka sebelum pelanggan mendarat di terminal. Akses gampang untuk bagasi, ongkos transportasi yang murah, pusat check-in dan boarding yang cepat.

Baca Juga : Manfaat Dan Bahaya Dari Cuaca Dalam Penerbangan

Ritel dan Makanan

Pengalaman ritel airside dominan pada wisatawan. Ritel tidak jarang mendorong penumpang datang lebih mula untuk bersantai, santap sebelum keberangkatan, bahkan menurunkan stres. Tugas untuk para perencana ritel ialah menghindari manipulasi berlebihan untuk penumpang.

Infrastruktur yang Fleksibel

Investasi di bandar udara guna infrastruktur bisa mengurangi sejumlah risiko ketidaknyamanan, keselamatan antara penumpang, investor, airlines dan pengelola bandar udara. Mark Wolfe SATS menciptakan ketenteraman dan lounge embarkasi (dioperasikan guna mengoptimalkan penghasilan ritel), strategi desain yang berkelanjutan dan peralatan irit energi.

Dampak Lingkungan

Airport yang ramah pun menjadi indikator utama. Sampai sejauh mana polusi suatu bandar udara mesti diinformasikan untuk para calon pe­numpang. Terminal T2 Munich memperlihatkan layar digital di ruang embarkasi yang menyatakan berapa karbon di­selamatkan melewati panel surya, cahaya alami dan dinding kaca.

Besar Tidaknya Indikator Sebuah Airport

Besar Tidaknya Indikator Sebuah Airport 

Dalam Kategori Terbaik di Dunia

FlightNews  -   Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA-International Air Transport Association) belum lama ini memberitahukan sejumlah airport di Asia-Pasifik (ASP) yang berkatagori baik.

Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand

Pada Juli lalu, Airports of Thailand mengamini US$ 5,4 miliar untuk ekspansi Bandar Udara Internasional Suvarnabhumi. Tahap kesatu dari 2013-2016, mencakup pembangunan terminal penumpang domestik, landasan balap ketiga dan parkir mobil, sementara tahap kedua, yang akan dilangsungkan sampai 2020, melibatkan ekspansi terminal penumpang domestik, internasional dan pembangunan landasan balap keempat.

Kuala Lumpur, Malaysia

Berdasarkan keterangan dari Malaysia Airports Holdings Berhad (MAHB), pihaknya meluangkan 35.000 m2 untuk pekerjaan komersial dan 15.000 m2 ruang ritel di terminal, yang berlalu pada Oktober 2012. Tak melulu itu, suatu pusat transportasi guna bus, taksi dan jalur kereta api ekspres pun dibangun di Kuala Lumpur International.

Baca Juga : Berikut Inti Masalah Manajemen Dan Karyawan Garuda Indonesia

Beijing Kedua, China

Bandar udara ini bakal mempunyai sembilan landasan pacu, delapan untuk pemakaian sipil dan satu lagi untuk pemakaian militer. Pengelola bandar udara ini mengklaim bakal menangani lebih dari 130 juta penumpang dan 5,5 juta ton kargo per tahun, demikian menurut keterangan dari China Radio International.

Navi Mumbai, India

City and Industrial Development Corporation of Maharashtra memba­ngun bandar udara Navi dengan total US$ 2,2 triliun guna proyek dan infrastruktur, yang diinginkan akan berlalu dalam empat tahap sampai 2030.

Incheon, Korea Selatan

Dengan investasi sebesar US$ 3,7 miliar pemerintah Korea Selatan berencana untuk meningkatkan terminal penumpang kedua di sisi unsur utara bandar udara dan memperluas terminal kargo yang ada.
Ke depan, airport ini mempunyai infrastruktur khususnya dua terminal penumpang, empat satelit, 128 gerbang garbarata dan lima landasan balap paralel.

Besar Tidaknya Indikator Sebuah Airport

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Popular Posts

30 November 2019
1st Prize 752434
2nd Prize 429596
3rd Prize 643758
Starter Prize
979662
Consolation Prize
830445

Total Pageviews

Blog Archive

Livechat