-->

Featured Post

Petugas Bandara Tak Sadar Pesawat Delta Airlines 723 Celaka di Ujung Landasan

Pagi itu, 31 Juli 1973, pesawat Delta Airlines Flight 723 meninggalkan Burlington, Vermont mengarah ke ke Bandara Internasional Logan, Bost...

Search This Blog

Recent Posts

Home PageNavi Display

Comments

Gallery

Top reviews

Top reviews

Entertainment

Fashion

Breaking News

Entertainment

Travel

Featured

Powered by Blogger.

Travel

Post Page Advertisement [Top]

Climb the mountains

recent posts

Comments

Facebook

About me

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent

Facebook

Bottom Ad [Post Page]

Comments

recent posts

Sponsor

News

Travel

Destination

Incidents

Video

You are here

Jalan-Jalan Santai di Pagi Hari Menelusuri Keunikan Rumah Adat Bantayo Poboide di Gorontalo

Jejak sejarah Gorontalo tampak di lokasi tinggal adat kerajaan atau tidak jarang disebut Bantayo Poboide di Kabupaten Gorontalo. Rumah ini di bina oleh Kolonel A.U MI Liputo selaku tauwa lo lahuwa dalam artian gelar kebesaran tertinggi untuk seorang pemimpin di Gorontalo. Tauwa ditafsirkan sebagai khalifah teladan atau pedoman. Rumah adat yang diresmikan pada 15 Januari 1985 tersebut menjadi kehormatan hati masyarakat Gorontalo. Rumah adat adalah lambang kehormatan hati suatu wilayah yang perlu dipertahankan dan dilestarikan. Bahkan, dapat dijadikan objek wisata yang dapat menggenjot penghasilan daerah. Demikian halnya, Bantayo Poboide di Limboto, Kabupaten Gorontalo. Jika dipoles maka dapat menarik minat warga guna berwisata.

Pembangunan lokasi tinggal adat tersebut sendiri konon bermanfaat sebagai lokasi berkumpulnya semua tetua adat untuk membicarakan sebuah prosesi adat. Salah seorang budayawan Gorontalo Irwan Hamzah mengatakan, lokasi tinggal adat Gorontalo pada lazimnya sama walau nama di tiap-tiap wilayah berbeda, namun yang jelas faedah dari lokasi tinggal adat tersebut semuanya sama. ''Itu bermanfaat untuk musyawarah adat oleh pemuka adat,'' jelas Irwan.

Jalan-Jalan Santai di Pagi Hari Menelusuri Keunikan Rumah Adat Bantayo Poboide di Gorontalo

Jalan-Jalan Santai di Pagi Hari Menelusuri Keunikan Rumah Adat Bantayo Poboide di Gorontalo

FlightNews -  Di samping itu, lokasi tinggal adat juga bermanfaat sebagai lokasi semua pekerjaan adat laksana pagelaran kebiasaan atau pemberian adat dan sejenisnya. ''Semua kegiatan itu dilaksanakan di lokasi tinggal adat,'' paparnya. Namun, ketika ini, lokasi tinggal adat Gorontalo itu tinggal suatu bangunan yang tampak sunyi dan melulu menyimpan sejumlah peralaan adat serta benda-benda sejarah dan tak terdapat lagi pekerjaan prosesi adat yang dilaksanakan di tempat tersebut. Diharapkan, pemerintah dapat membenahi lokasi tinggal adat itu dan dapat menjadikan faedah rumah adat tersebut berpulang kepada tataran semula.

Baca Juga :10 Penerbangan Dengan Waktu Terlama di Dunia

Meskipun ketika ini pemerintah wilayah tetap memelihara eksistensi rumah adat tersebut, urusan tersebut belum dapat menarik minat masyarakat sekitar guna mengunjungi tempat bersejarah tersebut. Ahmad Suge, salah seorang penduduk Limboto, menginginkan rumah adat ini dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan kebiasaan seperti yang dilaksanakan di daerah-daerah lain. "Kesenian yang bernapaskan budaya-budaya Gorontalo perlu diaktifkan di lokasi tinggal adat itu tidak seperti ketika ini yang terkesan diabaikan," jelas Ahmad.

Ahmad mengatakan, telah usahakan lokasi tinggal adat ini dimeriahkan dan menjadi pusat dari segala format kesenian, supaya nantinya generasi muda sebagai generasi penerus dapat lebih mengenal kebiasaan Gorontalo. Namun, kenyataannya, generasi muda ketika ini malah tak tidak sedikit mengetahui sejarah dan kebiasaan daerah, kebalikannya lebih tidak sedikit mengadopsi kebiasaan luar. "Padahal generasi muda ialah generasi penerus bangsa yang telah sewajarnya tidak sedikit mengetahui bakal sejarah dan kebiasaan dari wilayah ya sendiri," ungkap Ahmad.

Jalan-Jalan Santai di Pagi Hari Menelusuri Keunikan Rumah Adat Bantayo Poboide di Gorontalo

Bukan tersebut saja, Ahmad menginginkan dengan adanya pekerjaan di lokasi tinggal adat ini, selain dapat menjadi salah satu pesona wisatawan, juga dapat menghapus pandangan orang mengenai adanya daya mistis yang terpendam di lokasi tinggal adat tersebut.

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
30 November 2019
1st Prize 752434
2nd Prize 429596
3rd Prize 643758
Starter Prize
979662
Consolation Prize
830445

Total Pageviews

Blog Archive

Livechat