-->

Featured Post

Petugas Bandara Tak Sadar Pesawat Delta Airlines 723 Celaka di Ujung Landasan

Pagi itu, 31 Juli 1973, pesawat Delta Airlines Flight 723 meninggalkan Burlington, Vermont mengarah ke ke Bandara Internasional Logan, Bost...

Search This Blog

Recent Posts

Home PageNavi Display

Comments

Gallery

Top reviews

Top reviews

Entertainment

Fashion

Breaking News

Entertainment

Travel

Featured

Powered by Blogger.

Travel

Post Page Advertisement [Top]

Climb the mountains

recent posts

Comments

Facebook

About me

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent

Facebook

Bottom Ad [Post Page]

Comments

recent posts

Sponsor

News

Travel

Destination

Incidents

Video

You are here

Cerita Dirjen Perhubungan Udara ketika RI Lalui Ujian Keselamatan Penerbangan di UE

Uni Eropa (UE) resmi menerbitkan Indonesia dari EU Flight Safety List. Uni Eropa menarik keluar larangan terbang (EU Flight Ban) yang dijatuhkan semenjak 2007 silam. Dengan demikian maskapai penerbangan Indonesia yang berjumlah 55 maskapai telah mengisi syarat diperbolehkan terbang ke Uni Eropa.

Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso menceritakan proses ujian yang mesti dilalui Indonesia di hadapan perwakilan negara-negara Eropa sejumlah waktu silam. Setiap negara, kata Agus punya poin dan titik konsentrasi masing-masing. Inggris adalah salah satu negara yang sangat getol menekankan sisi keselamatan.
Cerita Dirjen Perhubungan Udara ketika RI Lalui Ujian Keselamatan Penerbangan di UE

Cerita Dirjen Perhubungan Udara ketika RI Lalui Ujian Keselamatan Penerbangan di UE

FlightNews - "Salah satu yang nyerang Indonesia tersebut Inggris dalam pengujian oleh EU. Mereka punya data, pengujinya detil sekali," ujar dia di Jakarta, Senin (18/6/2018). Dia mengakui bahwa Inggris memang tidak banyak 'konservatif' dalam hal keselamatan penerbangan. Aspek airworthiness, sangat diacuhkan oleh negeri Ratu Elisabeth II ini.

"Maksudnya konservatif tersebut sisi amannya, lebih ke ambil amannya. Tidak inginkan nyerempet-nyerempet atau istilahnya margin of safety-nya lebih tinggi," jelas Agus. "Nomor 8 airworthiness. Dia concern ke nomor 8. Selain tersebut juga mengenai personal licensing. Yang lainnya normal," imbuh dia.

Agus juga menjelaskan, dalam pengujian tersebut, pemerintah sebagai pembuat regulasi turut dilibatkan sebagai saksi, saat maskapai asal Indonesia diuji. "Tiga airlines diuji, kami jadi saksi. Kalau kami (regulator) diuji. Maskapai jangan ikut," katanya.

Dia menyatakan ada 19 poin yang mesti diacuhkan pemerintah dalam menciptakan peraturan berhubungan penerbangan. "Regulasi anda annexes of ICAO, jumlahnya 1 hingga 19. Itu mesti comply, masuk ke UU hingga Permen, dirjen. Mulai dari organisasi, registrasi, licensing, operation," tandasnya.

Cerita Dirjen Perhubungan Udara ketika RI Lalui Ujian Keselamatan Penerbangan di UE

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
30 November 2019
1st Prize 752434
2nd Prize 429596
3rd Prize 643758
Starter Prize
979662
Consolation Prize
830445

Total Pageviews

Blog Archive

Livechat